Bagaimana menulis dan mengirim Resume
di blog
Pertemuan Ke : 3
Hari/Tanggal : Jum’at /23 Juni 2023
Pukul :
19.00-22.00
Materi :
Teknik penulisan resume
Pemateri :
RALIYANTI
Moderator : Purbaniasita (Sita)
Pertemuan ketiga hari
ini dimulai dengan berpantun ria agar suasana, lebih gurih dan renyah. Kita
mulai ya...
Pagi hari makan kelapa
Rasanya enak bikin tertawa
Kita disini telah berjumpa
Untuk acara yang istimewa
Wanita jelita menjadi biduan
Bingung sejenak cari alamat
Selamat datang tuan dan puan
Semoga acara ini membawa manfaat
Resume adalah ringkasan
atau rangkuman dari sebuah karangan atau tulisan yang panjang. Dalam resume,
kita hanya menuliskan kembali intisari atau pokok informasi tapi tidak menghilangkan
detail atau bagian penting dari tulisan tersebut. Resume materi harus memuat
informasi-informasi berikut:
1. Judul materi dan nama narasumber
2. Ringkasan singkat tentang tema utama
materi
3. Bagian-bagian penting dari materi
yang dipilih untuk disertakan dalam resume
Adapun Cara untuk Menulis
Resume dengan Benar adalah:
1. Amati materi dari Narasumber dengan
baik.
2. Modifikasi materi yang diberikan
narasumber menjadi bahasa sendiri dengan kaidah penulisan yang baku.
3. Hindari copy paste seluruh materi
narasumber
4. Kembangkan materi yang disampaikan
narasumber dengan relevansi materi dari luar yang related.
5. Berikan kesimpulan di akhir
penjabaran resume atau tepatnya sebelum kalimat penutup.
6. Yang terpenting dalam membuat resume
adalah membuatnya dengan gaya bahasa sendiri, agar tulisan kita memiliki seni
yang khas.
Bagaimanakah
cara menulis resume yang baik? Pada selebaran ini adalah trik menulis resume
kita menjadi enak di baca.
Hal-hal apa saja yang
perlu di persiapkan untuk menulis resume?
Selanjutnya Bapak Ibu bisa menulis resume dengan menggunakan 2
perangkat. Kalau ini opsional. Tapi kalau dilakukan akan mendukung kecepatan
bapak ibu pada saat pengumpulan link. Disini kita semua adalah penulis, namun
tak jarang jika semua dari kita saling membaca tulisan satu sama lain. Berbeda
ketika ada seorang penulis yang sudah terkenal seperti Asma Nadia misalnya,
tanpa beliau suruh, kita pasti mencari Tulisannya. Itulah sebabnya mengapa kita
harus memiliki karakter dalam menulis. Harus memiliki kekhasan dalam bahasa
tulisan. Selanjtunya jangan lupa yang dibawah satu ini, ini penting untuk
menambah bumbu dalam tulisan kita:
Pertanyaan-pertanyaan
seperti tersebut diatas sudah pasti membuat kita penasaran bukan? Berikut trik
menulis resume yang perlu dicermati dan tidak boleh di tinggalkan, yaitu
Crucial Point, Important Thing in Writing Resume:
1. Tulis Resume dengan Paragraf
Pendek-pendek. Karena, paragraf yang panjang cenderung membuat pembaca menjadi
jenuh.
2.
Tulis pernyataan narasumber dengan gaya Parafrashe, yaitu kalimat pengulangan
yang
dikemas
dengan gaya bahasa sendiri.
Sebagai
penulis pemula, memang bukan hal yang mudah untuk menumbuhkan sikap percaya
diri. Untuk menjadi penulis handal, kita harus memupuk mental baja dalam
menulis dengan cara:
1.
Tanamkan sikap percaya diri. Jangan merasa malu, karena tulisan yang kita
anggap jelek akan menjadi luarbiasa bagi mereka yang tidak pernah belajar
menulis.
2.
Siap dengan segala kritikan. Meskipun terkadang budaya memuji lebih banyak dari
budaya mengkritik, namun pujian itu harus membuat kita semakin memperbaiki
tulisan.
3.
Bangunlah tulisan di berbagai Blog.
Hal
ini amat perlu karena terkadang orang akan bosan melihat penampilan kita yang
itu2 saja. Ibarat memakai baju, tentu orang akan bosan jika baju yang kita
pakai hanya warna hijau saja. Itulah sebabnya tulisan harus memiliki warna
lain, salah satunya tulisan kita pada
blog lainnya.
Nah
sudah bisa kan untuk membuat sebuah resume yang baik di blog dengan cepat dan
menarki. “Mari bergerak dan laksanakan, agar terbit buku solo berikutnya’.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar