Pertemuan ke: 19
Materi : Menulis Buku Ajar
Pemateri : Dr. Mudafiatun
Isriyah, M.Pd
Moderator : Mutmainah
Hari/Tanggal : Senin/20
Februari 2023
Apa
masalah yang muncul jika kita akan membuat buku ajar mata pelajaran kita
sendiri. Ya... yang pasti tidak percaya diri, sulit untuk membuat resume dari
materi, tidak menemukan ide yang cemerlang untuk topik yang di sajikan akan
tampil menarik, apik dan disenangi, tidak valid, dan tidak ... banyak lagi,
yang akhirnya berujung kepada tidak terciptanya buku ajar yang kita buat. Apa lagi
jika mendengar komen para ahli yang jenius, uhh begini tampilan nya, begini
isinya, tidak layak untuk di terbitkan, berani sekali menerbitkan buku ajar
seperti ini. Semua ini pasti akan menciutkan nyali kita yang terlahir sebagai
seorang guru sederhana, dengan kemampuan sederhana, dan sedikit agak gaptek. Menulis
buku Ajar seringkali tidak bisa dibuat oleh guru itu sendiri sebagai pengampu
mata pelajaran. Padahal kalau guru tersebut membuat sendiri buku ajar nya, tentu
akan jauh berbeda bila kita membuatnya sendiri dan tidak mengandalkan buku ajar
buatan orang lain. Anda mungkin akan terkejut ketika membuat buku ajar dan
ternyata buku tersebut banyak digunakan oleh ribuan sekolah. Tentu saja royalty
bukunya ikut bertambah dan jangan kaget akan ada uang ratusan juta masuk ke
rekening anda. Ini hanya berbagi semangat saja, dan semoga bapak ibu bisa
bertanya langsung kepada pakar nya. Semoga kita kuat menentang badai prahara,
dari cemooh dan hujatan orang-orang berkelas, tapi kurang bermoral, jika mampu
tolong bantu menyempurnakan. Tapi jangan bantu untuk menghina dan mematahkan
semangat.
Pemateri
kita Dr. Mudafiatun Isriyah, M. Pd . Beliau adalah konselor dan penulis juga
asesor BAN PAUD Jatim. Lulus cum laude prodi PAUD UNESA Surabaya dan
melanjutkan studi di Universitas Negeri Malang untuk meraih gelar doktor
Bimbingan dan Konseling. Beliau juga merupakan alumni BM 4 asuhannya Omjay. Dan
peraih buku terbaik Perpusnas 2021 bersama prof Ekoji dalam tantangan menulis
selama satu minggu. Materi kita pada pertemuan ke 19 ini adalah
1.
Bahan Ajar
VS Buku Ajar
Adapun pengertian bahan ajar dapat didefenisikan
sebagai berikut:
a. Bahan
ajar adalah segala bentuk bahan yang digunakan untuk membantu guru/dosen dan
mahasiswa dalam kegiatan belajar-mengajar. Bahan ajar dapat berupa bahan
tertulis atau pun tidak tertulis.
b. Bahan
ajar adalah seperangkat materi yang disusun secara sistematis baik tertulis
maupun tidak tertulis sehingga dapat tercipta lingkungan dan suasana yang
memungkinkan peserta didik untuk belajar. Bahan Ajar Cetak, Buku Teks, Buku
Referensi, dan Monograf, Bahan Ajar Mandiri, Modul, BAJJ. Panduan.
Bahan
Ajar non-Cetak contohnya Internet, Web
Based Courses, e-learning CAI =, Pembelajaran Berbantuan Komputer, Slide,
Video, TV, Audio dan Radio, sedangkan Buku Ajar merupakan salah satu bentuk
bahan ajar.
c. Buku
Ajar adalah buku ilmiah berupa uraian materi pembelajaran yang disusun secara
logis dan sistematis dengan bahasa yang lugas, digunakan dosen dan mahasiswa
dalam pembelajaran (Pannen & Purwanto, 2001)
2.
Pentingnya Bahan Ajar dalam pembelajaran
MENGAPA
BUKU AJAR PENTING DALAM PEMBELAJARAN?
1.
Guru lebih banyak waktu untuk memberi
bimbingan kepada siswa/mahasiswa
2.
Siswa dapat belajar sekalipun tidak ada
guru
3.
Siswa dapat belajar kapan dan di mana saja
4.
Siswa tidak terlalu tergantung kepada guru
sebagai satu-satunya sumber informasi
5.
Siswa bisa belajar dengan kecepatan
masing-masing sesuai dengan potensi
3.
Buku Ajar dan Buku Hasil Penelitian/Hasil Pemikiran
Buku
Ajar pada umumnya:
a.
Ditulis dan dirancang untuk digunakan
siswa/mahasiswa.
b.
Menjelaskan tujuan pembelajaran.
c.
Disusun berdasarkan pola belajar yang
fleksibel.
d.
Strukturnya berdasarkan kompetensi yang
akan dicapai.
Buku
Teks pada umumnya:
a.
Ditulis terutama untuk digunakan dosen atau
pembaca umum, dipasarkan secara luas.
b.
Tidak selalu menjelaskan tujuan
pembelajaran.
c.
Disusun secara linier.
d.
Strukturnya berdasarkan logika bidang ilmu
(content).
e.
Ada pemberian kesempatan latihan bagi
mahasiswa.
f.
Selalu memberikan rangkuman.
g.
Kepadatan berdasarkan kebutuhan mahasiswa
h.
Dikemas untuk digunakan dalam pembelajaran.
Buku
Teks pada umumnya:
a.
Belum tentu memberikan latihan bagi
mahasiswa.
b.
Belum tentu ada rangkuman.
c.
Materi buku teks sangat
d.
Dikemas untuk dijual secara umum.
Buku
Ajar pada umumnya:
a.
Mempunyai mekanisme untuk mengumpulkan
umpan balik dari mahasiswa.
b.
Mencantumkan petunjuk penggunaan buku ajar.
4.
Cara Penulisan Buku Ajar
a.
PENATAAN INFORMASI (compilation text)
Guru/Dosen
melakukan kompilasi bahan dari berbagai sumber yang telah beredar di pasaran
berdasarkan RPS yang telah disusun.
b.
PENGEMASAN KEMBALI (information repackaging)
Guru/Dosen
melakukan pengemasan kembali dari sumber-sumber yang telah ada disesuaikan
dengan kebutuhan kompetensi yang ingin dicapai adalah RPS
c.
MENULIS SENDIRI (starting from scratch)
Guru/Dosen
menulis sendiri berdasarkan kepakarannya berdasarkan RPS mata kuliah yang
diampu.
PROSEDUR
KOMPILASI adalah Kumpulkan seluruh buku, artikel jurnal ilmiah, dan sumber
acuan lain yang digunakan dalam mata pelajaran seperti yang tercantum dalam
daftar pustaka di RPS. Tentukan bagian-bagian buku, artikel jurnal ilmiah, dan
bagian dari sumber acuan lain yang digunakan per Bahan Kajian sesuai dengan
RPS. Fotokopi seluruh bagian dari sumber yang digunakan per Bahan Kajian sesuai
dengan RPS. Pilahlah hasil fotocopy tersebut berdasarkan urutan Bahan Kajian
yang sesuai dengan
RPS.
PROSEDUR PENGEMASAN KEMBALI INFORMASI
Informasi
yang sudah ada di pasaran dikumpulkan berdasarkan kebutuhan (RPS + RTM)
Informasi tersebut disusun kembali/ditulis ulang dengan gaya bahasa dan
strategi yang sesuai untuk menjadi buku ajar (digubah), kemudian ditambahkan:
Kemampuan/kompetensi
yang akan dicapai.
Petunjuk
belajar bagi mahasiswa.
Latihan.
Ringkasan.
Umpan
balik.
Evaluasi
formatif.
5.
Prinsip-prinsip Pemilihan Materi Buku Ajar
PRINSIP-PRINSIP
PEMILIHAN MATERI BUKU AJAR
1.
PRINSIP RELEVANSI
Materi
pembelajaran hendaknya ada hubungannya dan memberikan kontribusi bagi upaya
pencapaian capaian pembelajaran mata kuliah dan kemampuan akhir. Misalnya, jika
kemampuan yang diharapkan dikuasai mahasiswa berupa menghafal fakta, maka
materi pembelajaran yang diajarkan harus berupa fakta.
2.
PRINSIP KONSISTENSI/KEAJEGAN
Materi
pembelajaran harus konsisten dengan kemampuan akhir yang ingin dicapai, baik
dari segi jumlah materi maupun dari taksonominya. Jika kemampuan akhir yang
harus dikuasai mahasiswa empat macam, maka materi buku ajar yang harus
dikembangkan juga harus meliputi empat macam
3.
PRINSIP KECUKUPAN
Materi
yang diajarkan hendaknya cukup memadai dalam membantu mahasiswa menguasai
kemampuan akhir yang diharapkan. Materi tidak boleh terlalu sedikit dan tidak
boleh terlalu banyak. Jika terlalu sedikit akan kurang membantu mencapai
capaian pembelajaran mata kuliah dan kemampuan akhir. Sebaliknya, jika terlalu
banyak akan membuang-buang waktu dan tenaga yang tidak perlu untuk
mempelajarinya.
SISTEMATIKA
BUKU AJAR
Biasanya
tergantung dari penerbit juga ya, tetapi kita sebagai seorang guru juga memiliki
kesiapan untuk menata outline buku kita sendiri yaitu:
BAB 1 Pendahuluan
Penyajian
Penutup
Daftar
Pustaka
Senarai
(glossary)
Tinjauan
Mata Pelajaran : Prakata
֍ Petunjuk Penggunaan Buku
Ajar bagi Mahasiswa
֍ Identitas Mata Kuliah
֍ Deskripsi Singkat Isi
Buku Ajar
֍ Kegunaan Mata Kuliah bagi
Mahasiswa
֍ Capaian Pembelajaran Mata
kuliah
2. BAB I
Kemampuan
Akhir
Indikator
Pendahuluan,
terdiri dari:
֍ Deskripsi singkat berupa
gambaran umum tentang
cakupan bab tersebut.
֍ Relevansi antara bab
tersebut dengan pengalaman
yang telah dimiliki mahasiswa atau manfaat
bagi
mahasiswa.
Penyajian:
֍ Uraian atau penjelasan
materi (sesuai dengan jenis
materi) dan diikuti dengan contoh-contoh.
֍ Ilustrasi yang sesuai
dengan uraian materi.
֍ Tugas dan Latihan yang
dilakukan mahasiswa setelah
membaca uraian materi.
֍ Rangkuman/ringkasan dari
konsep atau prinsip yang
dibahas.
Penutup,
terdiri dari:
֍
Penilaian, konsisten dengan rumusan indikator dan Kemampuan
Akhir.
֍ Umpan balik, untuk dapat
menilai sendiri hasil belajarnya (kunci
jawaban tes).
֍ Tindak lanjut.
diperlukan
juga: DAFTAR PUSTAKA
SENARAI,
berupa daftar istilah teknis yang dianggap penting dan perlu dijelaskan.
DAFTAR
INDEX (jika diperlukan).
Wow materi yang sangat padat dan bermanfaat, semoga bisa memahami dan dapat membuat Buku ajar yang padat, berisi, dan yang paling penting sangat bermanfaat bagi pelajar kita. dan layak untuk di konsumsi
By:
FIFI TRIANA (PADANG)
2 komentar:
Mantap bu Fifi👍🏻 Semangat!
Oke. Trims komen nya
Posting Komentar